Langsung ke konten utama

MENULIS SLOGAN/POSTER


Menulis Slogan/Poster
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.
Contoh slogan:
  Damai itu indah.
  Selamatkan hutan kami.
  Biarkan Kami Hidup.
  Be Smart Be Word Smart
Poster adalah lembar pengumuman/plakat untuk menyampaikan informasi yang dipasang di tempat umum atau tempat yang dapat dibaca oleh umum. Bahasa yang dipergunakan untuk membuat poster harus singkat, padat, menarik, dan persuasif (bersifat mengajak).
Berikut beberapa macam poster:
  • Poster Niaga
Poster niaga yaitu poster yang berfungsi untuk menawarkan barang atau jasa tertentu.
  • Poster Kegiatan
Poster kegiatan yaitu poster yang berisi kegiatan atau kejadian penting yang akan dilaksanakan. Misalnya, poster konser musik, pameran lukisan, perlombaan, pertandingan, atau pementasan drama.
  • Poster Layanan Masyarakat
Poster layanan masyarakat yaitu poster yang berisi pesan, informasi, dan penjelasan yang tujuannya untuk menyadarkan masyarakat tentang suatu hal yang mengangkat kepentingan bersama. Misalnya, poster lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.
Slogan dan poster dibuat untuk menginformasikan suatu hal. Kata-kata dan kalimat dalam poster disusun sedemikian rupa agar dapat mempengaruhi pembaca. Slogan merupakan kalimat ajakan yang bersifat persuasif (mempengaruhi) agar pembaca turut mengikuti visi atau misi tertentu. Misalnya :
“Solo, the spirit of Java
“Semarang, pesona Asia”
“Indonesia, negeri seribu pulau”
Poster merupakan informasi yang ditulis dalam media tertentu (biasanya papan atau kertas) poster juga bersifat persuasif (memengaruhi) terhadap pembaca sehingga pembaca menjadi yakin. Poster dapat dipergunakan untuk kepentingan publikasi atau propaganda. Agar poster lebih menarik, biasanya dilengkapi dengan gambar ilustrasi.


Contoh slogan dan poster

-Slogan
B. Indo: Narkoba membawa petaka!, Yang pertama belum tentu yang utama!
English: Keep the world green and clean :]

-Poster
B. Indo: Jagalah kebersihan lingkungan kita
English: Don't judge a book by its cover
Pendidikan:
- Ayo belajar untuk masa depan
- Rajin belajar pangkal pandai
- Belajar untuk cerdaskan anak bangsa
- Entaskan kebodohan dengan pendidikan
- Pendidikan untuk memajukan negara

Kesehatan:
- Lebih baik mencegah daripada mengobati
- Mari ke posyandu untuk imunisasi dini
- Hentikan merokok atau rokok akan menghentikan nafasmu
- Lingkungan bersih, masyarakat sehat
- Jauhi rokok
k


Komentar

  1. Mari Gan, slogannya dijadikan kampanye penanaman pohon, sekarang semakin menarik karena ada program penanaman pohon dimana kita bisa mendapatkan keuntungan ekonomi baik dari penanaman maupun kampanyenya.
    Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CIRI CIRI POSTER DAN SLOGAN

Ciri-Ciri Poster ·         Bahasa poster singkat, padat, dan komunikatif ·         Bahasa poster bersifat persuasif ·         Biasanya poster dilengkapi gambar, warna, foto, atau ilustrasi Ciri-Ciri Slogan ·         Kata-katanya singkat, menarik, dan mudah diingat ·         Disajikan dalam bentuk frasa, klausa, atau kalimat ·         Merupakan semboyan suatu organisasi atau masyarakat sekian yang saya post, moga bermanfaat ☻☻    

Sepercik Air - Deddy Stanzah : Lirik dan Makna

Kalo dulu pas aku SMP sekitar 7 tahun lalu, di blog ini sering sekali posting tentang lirik lagu, dari Hero - Mariah Carey hingga Someone Like You dari Adele. Kali ini aku bakal posting di blog ini tentang lirik lagu juga nih, tapi genre nya jauh sekali dari yang dahulu.  Pernah dengar penyanyi Deddy Stanzah ?? Kayaknya buat kita yang generasi milenial ga terlalu kenal karena memang beliau tenar sebelum kita muncul dari rahim ibu. Beliau ini penyanyi Rock Indonesia yang katanya banyak banget fans nya.. Bayangin aja kayak sekarang artis kayak Ariel The Little Mermaid  Noah yang lagunya Separuh Aku. Mungkin 11 12 lah yaaa Nih tak kasih liriknya dulu, cekidot --- Sepercik air berwarna bening Nyanyian dewa dalam dentingan harpa Dan kau langit secerah kemilau Seakan ingin membunuh sang malam Seakan ingin membunuhu malam Dan terwujudlah, dalam khayal langit nan kemilau Langit dan kemilau Teramat indah, selayak langitpun merona dalam kemesraan Sepercik

Opinion 2 : All About Cinta

Hola hola semua ! Selamat datang kembali di blog WiraAgengGara yang baru saja dibangkitkan beberapa minggu lalu :) Kali ini aku bakal bahas sesuatu yang seru banget lho ! Coba perhatikan hal hal di bawah - Taj Mahal - Kemerdekaan Indonesia - Romeo dan Juliet - Upin dan Ipin Sadar nggak kalo hal di atas didasari oleh satu hal penting ? Yaa ! Didasari oleh Cinta. Cinta Raja Shah Jahan kepada istrinya yang membuat terciptanya Taj Mahal. Cinta pahlawan Indonesia yang mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Serta, Cinta Romeo dan Juliet yang membuat kisahnya diingat semua orang. Semua orang punya cinta, dan tentu butuh cinta. Ini sudah menjadi hal umum di masyarakat. Cinta punya beragam bentuk, kayak kata Tulus dalam lagu Sepatu  "Cinta memang banyak bentuknya" ada cinta ke orng tua, sabahat, hingga cinta pada benda mati pun ada. Sekarang aku bakal ceritain pengalamanku mewawancarai beberapa laki-laki tentang cinta. Cekidott Aku ngajuin 7 pertanyaan nih. Apa a